Minggu, 31 Maret 2019

Spesifikasi Komputer dan fungsinya

Spesifikasi Komputer dan Fungsinya

Penggunaan komputer saat ini tentu saja sudah tidak dapat dipungkiri lagi, sudah menjadi salah satu kebutuhan yang bukan hanya tersier, namun mungkin sudah menjadi kebutuhan primer yang dimiliki oleh manusia. Saat ini, mungkin hampir tidak ada orang yang bisa hidup dengan teknologi komputer, baik itu komputer dalam bentuk PC, laptop, smartphone, peralatan elektronik, bahkan mobil sekalipun saat ini banyak yang menggunakan komputer.

Perkembangan yang tidak di bayangkan
Sejak pertama kali dikembangkan, tentu saja para pencipta komputer tidak akan menyangka, bahwa fungsi kalkulator sederhana yang dulu ingin dikembangkan, malah menjadi salah satu penemuan terbesar yang sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dunia. Saat ini, mungkin hampir 90% penduduk dunia sudah merasakan manfaat penting darj teknologi komputer. Banyak pengembang dan juga perusahaan telekomunikasi dan industri juga ikut andil dalam pembuatan dan pengembangan komputer hingga saat ini.
Komputer sendiri, tentu saja sama dengan mesin – mesin lainnya, membutuhkan banyak sekali komponen, alias perangkat keras agar bisa berfungsi dengan baik dan sempurna. Mungkin secara teknis kita tidak bisa menghitung ada berapa jumlah tepatnya komponen perangkat keras yang harus digunakan untuk membangun sebuah komputer.
Jenis perangkat keras pertama adalah jenis perangkat keras yang berada di bagian dalam sebuah komputer, yang nantinya bisa kita kenal juga denga istilah mesin. Dengan adanya perangkat keras yang berada di dalam komputer ini, maka sebuah komputer bisa menyala dengan baik. Biasanya bagian ini disebut juga dengan unit proses. Berikut ini adalah beberapa macam perangkat kerasnya :

1. Processor atau CPU
processor cpu

Perangkat keras pertama dan yang merupakn salah satu hal yang paling penting dari sebuah komputer adalah CPU atau Processor. CPU merupakan kependekan dari Central Processing Unit, yang dari kepanjangannya saja sudah dapat dipastikan bahwa perangkat keras ini memiliki peran yang sangat vital bagi sebuah komputer. CPU merupakan otak utama dari sebuah komputer, yang mampu melakukan pemrosesan data secara keseluruhan. Fungsi inilah yang membuat CPU menjadi perangkat keras yang paling vital di dalam sebuah komputer.
  1. Pemrosesan informasi yang diterima dari input device
  2. Sinkronisasi kinerja software dan hardware
  3. Memproses data
  4. Mendukung kebutuhan spesifik penguna seperti desain dan game
CPU Saat Ini
Perkembangan CPU hingga saat ini cukup pesat, di awal kepopulerannya kita mengenal CPU yang cukup terkenal dari intel yaitu intel pentium 1, 2, 3, 4, intel celeron, hingga saat ini sudah ada processor berkecepatan tinggi yaitu Intel Xeon. (Baca juga : Dampak CPU Usage 100% & Cara mengatasi komputer sering mati sendiri)

2. RAM
ram komputer
Perangkat keras berikutnya yang ada di dalam sebuah komputer adalah RAM. RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah komponen komputer yang bertugas untuk menyimpan dan mengolah memori secara acak, ketika suatu program dijalankan. Dengan adanya RAM, maka hal ini juga berpengaruh ke dalam kinerja dan juga kecepatan suatu komputer. Komputer sering hang ? Ingin Cara agar laptop tidak lemot penambahan RAM adalah hal yang umum di lakukan.
Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin baik pula kemampuan sebuah komputer dalam menghandle suatu aplikasi. Berikut ini adalah beberapa kapasitas RAM yang biasa digunakan secara umum :
  • 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB
Untuk komputer server (Baca : Perbedaan komputer server dengan komputer client biasa) kapasitas ram dapat dipasang mulai 32 gb, 64gb, atau bahkan 128 Gb, tergantung dari kemampuan cpunya.
Jenis Jenis Ram
  • Ram DDR 1
  • Ram DDR 2
  • Ram DDR 3
Lebih jelas mengenai RAM, anda bisa melihat tentang juga cara membedakan RAM DDR 1 DDR 2 DDR3.

3. VGA Card / GPU / Graphic Card

vga card

VGA Card, atau yang juga sering dikenal dengan GPU atau Graphic Processing Unit, atau yang juga sering dikenal dengan istilah Graphin atau Video Card, merupakan perangkat keras komputer yang memegang peranan penting dalam urusan tampilan video dan juga grafis, seperti resolusi layar, kualitas ketajaman gambar, pewarnaan, dan juga 3D.
VGA Card  banyak digunakan untuk komputer yang memiliki kemampuan gaming dan juga desaing, untuk mendukung format video 3D dan juga High Definition Display.
  1. Membantu membuat desian grafis dan juga 3D design.
  2. Grafik dalam bermain game menjadi lebih baik.
  3. Tampilan layar menjadi lebih jernih dan tajam.
  4. Dapat mengkoneksikan laptop atau PC ke layar TV dengan menggunakan HDMI sehingga menghasilkan kalitas gambar yang baik.
  5. Cocok bagi user yang senang menonton film dengan detail yang sempurna.
4. Harddisk
harddisk
Siapa yang tidak mengenal komponen perangkat keras komputer yang satu ini? Ya, Harddisk merupakan salah satu komponen perangkat keras komputer yang memiliki peran yang sanga penting dalam menyimpan data di dalam komputer. Musik, Film, dokumen, software dan juga banyak lagi file bisa disimpan pada harddisk komputer.
Biasanya harddisk pada komputer memiliki kapasitas yang bervariasi, seperti :
  • 160 GB
  • 256 GB
  • 500 GB
  • 750 GB
  • 1 TB
  • 2 TB
Teknologi Harddisk Terbaru : SSD
SSD atau yang dikenal dengan kepanjangan Solid State Drive merupakan salah satu pengembangan baru dari teknologi harddisk. Apabila harddisk menggunakan piringan disk atau cakram untuk menyimpan dan juga membaca data, maka SSD hanya mengandalkan chip saja untuk menyimpan dan mengolah data, dengan built chip yang mirip seperti Flash Drive (flash disk). Dengan adanya teknologi SSD ini, maka berpengaruh pada kualitas dari drive yang tidak mudah panas, dan lebih stabil dalam membaca data.
Namun demikian, SSD masih jarang digunakan, karena biaya produksi yan gmasih sangat mahal apabila dibandingkan dengan harddisk biasa. Untuk kapasitas 100 GB saja harga bisa mencapai 10jt Rupiah.

5. Motherboard / Mainboard
mobo-board
Semua perangkat keras dan juga komponen komputer tidak akan bisa menjadi komputer secara utuh dan juga berfungsi dengan optimal apabila tidak memiliki perangkat yang satu ini. Ya, motherboard atau mainboard merupakan perangkat keras komputer yang berbentuk papan PCB, dimana pada papan tersebut, semua perangkat keras internal komputer, seperti CPU, RAM, Harddisk, dan semuanya ditempatkan. Motherboard akan menyambung semua fungsi yang dimiliki oleh perangkat keras tersebut, hingga pada akhirnya sebuah computer bisa berfungsi dengan optimal.
Kerusakan pada motherboard sama saja mengganti komputer baru, karena bisa merembet ke perangkat keras lainnya. Selain itu, motherboard juga memiliki harga yang cukup tinggi, sehingga terkadang kerusakan pada motherboard seringkali membuat para user menjadi galau.

6. Power Supply
power supply
Sebuah komputer tentu saja tidak bisa menyala dan juga berfungsi dengan baik apabila tidak memilik power supply. Power supply membantu menghantarkan arus listrik dari tegangan 220 Volt di rumah, agar bisa menyalakan CPU, yang nantinya akan mengontrol keseluruhan proses pada komputer tersebut.
Overvoltage dan juga undervoltage pada power supply (PSU) dapat menyebabkan komputer menjadi tidak dapat menyala sempurna, dan berpotensi membuat CPU terbakar.
Karena itu, pemilihan power suppl juga harus diperhitungkan, agar sesuai dengan spesifikasi keseluruhan komputer anda.

7. LAN card
41h6m1jrN-L._SX355_
Fungsi LAN Card atau Ethernet atau NIC Card merupakan kartu yang menjadi perangkat keras utama dalam pembuatan berbagai jenis jaringan komputer. LAN Card memungkinkan setiap komputer mampu terhubung ke dalam sebuah jaringan. Saat ini LAN Card sudah menjadi standar protocol jaringan di seluruh komputer, sehingga hampir semua komputer memiliki LAN Card internal di dalamnya.
LAN Card juga dapat di sebut sebagai perangkat keras jaringan komputer yang berperan penting dalam implementasi suatu konsep topologi jaringan komputer.
Dalam istilah yang sederhana, anda tidak akan dapat terkoneksi dengan berbagai komputer lain, atau dengan jaringan internet atau LAN tanpa terpasang LAN card pada komputer anda.

8. Sound Card
sound card
Sesuai namanya, sound card merupakan perangkat keras komputer yang memunkinkan speaker yang terhubung ke dalam komputer bisa mengeluarkan suara. Tanpa adanya sound card, maka komputer tersebut tidak bisa mengeluarkan suara.
Kualitas sound card akan sangat mempengaruhi kualitas suara yang keluar dari komputer. Anda bisa membuat komputer anda memiliki pilihan suara dengan kualitas seperti di dalam bioskop dengan menggunakan speaker home theater, atau cukup menggunakan sound card standar untuk speaker stereo biasa.
Soundcard ini merupakan salah aspek yang cukup penting bagi anda yang menggunakan komputer untuk composing dan untuk video atau film.

9. Cooling Fan
Cooling fan

Jangan lupakan perangkat keras yang satu ini. Apabila perangkat keras yang satu ini tidak ada di dalam komputer anda, maka 100% komputer anda akan mengalami over heating, alias kepanasan. Komputer yang mengalami over heat dapat menyebabkan kerusakan pada banyak komponen perangkat keras, terutama processor. Karena itu, penggunaan kipas atau cooling fan sangat diperlukan
Processor dengan spesifikasi tinggi tentu saja akan membutuhkan pendingan yang lebih banyak.
Apa akibat dari komputer yang tidak memiliki cooling fan ?
  1. Komputer akan sering mati sendiri
  2. Komputer sering hang
  3. Komputer sangat lemot
  4. Kerusakan hardware lainnya
Jadi peran perangkat keras komputer yang satu ini, walau bukan bagian ini namun sangat penting.

Perangkat Keras Ekstenal
Selain perangkat keras yang berada di bagian dalam komputer, ada lagi banyak perangkat keras yang berada di bagian luar komputer. Perangkat keras ini kemudian dapat disambungkan dengan perangkat internal komputer, hingga menjadi shatu komputer yang utuh. Berikut ini adalah beberapa macam perangkat keras komputer lainnya :
monitor
Perangkat keras pertama yang akan kita bahas adalah monitor. Ya, monitor merupakan display unit dari hasil semua komponen internal komputer, seperti CPU, RAM, dan sebagainya. Semua informasi dri komputer, dan juga hasil kerja dari komputer akan ditampilkan ke dalam layar monitor sebagai display unit.
Disinal peran dari VGA atau graphic card dan software sistem operangkat kerasi bekerja. Sistem operangkat kerasi akan menampilkan display pada monitor, dengan kualitas display dan juga resolusi yang diatur oleh fungsi dari VGA atau Graphic Card.
Saat ini penggunaan layar LCD dan juga LED merupakan penggunaan umum yang banyak digunakan pada komputer dibandingkan layar tabung. Berikut ini adalah keunggulan LED dan juga LCD pada monitor :
  • Lebih hemat tempat
  • Hemat daya
  • Memiliki kualitas gambar yang baik
  • Mendukung layar monitor yang lebih lebar
Selain memiliki beberapa macam perangkat keras yang digunakan untuk membuat sebuah komputer dapat berfungsi secara normal, yang mana terdiri dari perangkat keras internal dan juga eksternal, sebuah komputer juga memilki perangkat keras yang digunakan untuk membuat suatu jaringan komputer.

Ada banyak macam dari perangkat keras jaringan komputer. Berikut ini adalah contoh dari berbagai macam perangkat keras jaringan komputer :
hub
Hub dan Switch juga merupakan salah satu perangkat keras komputer standar dalam sebuah jaringan komputer. Hub dan juga switch biasa digunakan untuk memecah – mecah jaringan local atau LAN di dalam satu ruangan.
BIasanya penggunaan hub atau switch ini banyak digunakan pada pembuatan jaringna yang mengimplementasikan topologi star, dimana dapat mengakomodir kebutuhan jaringan dari banyak sekali komputer client.
  • Memecahkan jaringan dari server menuju komputer client atau user
  • Mentransmisikan jaringan dari server
  • Menjadi penguat sinyal transmisi paket data (pada smart hub)
Itulah beberapa perangkat keras pada komputer. Hampir semua perangkat keras yang disebutkan diatas memiliki fungsi yang sanga penting, baik bagi performa komputer itu sendiri dan juga bagi kepentngan user yang menggunakan komputer tersebut.



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar